Ulumul Qur'an

ULUMUL AL-QURAN
JUDUL :
ULUMUL QURAN DAN RUANG LINGKUPNYA

Jika anda ingin makalah yang telah selesai (langsung print) silahkan download disini.

BAB II
PEMBAHASAN


A.PENGERTIAN ULUMUL QURAN
Ungkapan Ulumul Quran berasal dari bahasa Arab, yaitu dari kata ulum dan Al-Quran. Kata ulum merupakan bentuk jamak dari kata ilmu. Ilmu yang dimaksud di sini, sebagaimana didefinisikan Abu Syahbah, adalah sejumlah materi pembahasan yang dibatasi kesatuan tema atau tujuan.
Adapun mengenai definisi Ulumul Quran berdasarkan istilah, para ulama memberikan redaksi yang berbeda-beda sebagaimana dijelaskan berikut ini.

1.Menurut Manna’ Al-Qaththan.
“Ilmu yang mencakup pembahasan yang berkaitan dengan Al-Quran dari sisi informasi tentang asbab annuzul (sebab-sebab turunnya Al-Quran), kodifikasi dan tertib penulisan Al-Quran, ayat-ayat yang diturunkan di Mekkah (Makkiyyah) dan ayat-ayat yang diturunkan di Madinah (Madaniyyah), dan hal-hal lain yang berkaitan dengan Al-Quran.”

2.Menurut Az-Zarqani.
“Beberapa pembahasan yang berkaitan dengan Al-Quran dari sisi turun, urutan penulisan, modifikasi, cara membaca, kemukjizatan, nasikh, mansukh, penolakan hal-hal yang dapat menimbulkan keraguan terhadapnya, serta hal lainnya.”
3.Menurut Abu Syahbah.
“Sebuah ilmu yang memiliki banyak objek pembahasan yang berhubungan dengan Al-Quran, mulai dari proses penurunan, urutan penulisan, penulisan, kodifikasi, cara membaca, penafsiran, kemukjizatan, nasikh-mansukh, muhkam-mutasyabih, serta pembahasan lainnya.”

B.RUANG LINGKUP PEMBAHASAN ULUMUL QURAN
Banyak ilmu yang ada kaitannya dengan pembahasan Al-Quran, menyebabkan banyak pula ruang lingkup pembahasan Ulumul Quran. Bahkan, menurut Abu Bakar Al-Arabi, ilmu-ilmu Al-Quran itu mencapai 77.450. Hitungan ini diperoleh dari hasil perkalian jumlah kalimat Al-Quran dengan empat karena tiap-tiap kalimat mempunyai empat makna, yaitu zhabir, batin, hadd, dan mathla.
M. Hasbi Ash-Shiddieqy berpendapat bahwa ruang lingkup pembahasan Ulumul Quran terdiri atas enam hal pokok berikut ini.

1.Persoalan turunnya Al-Quran (nuzul Al-Quran)
2.Persoalan sanad (rangkaian para periwayat)
3.Persoalan qira’at (cara pembacaan Al-Quran)
4.Persoalan kata-kata Al-Quran
5.Persoalan makna-makna Al-Quran yang berkaitan dengan hukum
6.Persoalan makna Al-Quran yang berpautan dengan kata-kata Al-Quran.


Jika anda merasa Materi Makalah ini masih kurang atau anda malas mengedit makalah ini silahkan Download Makalah lengkapnya. Dalam makalah ini sudah tersusun rapi semua materinya, sehingga anda tinggal print doang (asyik ng’). Silahkan download makalah lengkapnya di bawah ini!

Ulumul Al-Qur’an
Judul :
Ulumul Qur’an dan Ruang Lingkupnya

0 komentar:

:f :D :) ;;) :x :$ x( :? :@ :~ :| :)) :( :s :(( :o

Poskan Komentar