Hakekat Evaluasi

MAKALAH FILSAFAT PENDIDIKAN ISLAM
JUDUL :
HAKEKAT EVALUASI


Jika anda ingin makalah yang telah selesai (langsung print) silahkan download disini.

BAB II
PEMBAHASAN


A.PENGERTIAN EVALUASI
Evaluasi berasal dari kata “to evaluate” yang berarti “menilai”. Istilah nilai pada mulanya dipopulerkan oleh Plato merupakan Filosuf yang pertama kali dikemukakannya. Selanjutnya kata nilai menjadi populer, bahkan menjadi istilah yang dikemukakan dalam dunia ekonomi. Apabila term “menilai” diaplikasikan dalam dunia pendidikan, maka makna sesungguhnya adalah memberikan muatan dalam nilai antologi dan epistimologi pendidikan, serta mengarahkan prosesnya agar tetap mengacu pada nilai.


B.TUJUAN EVALUASI
Tujuan dari evaluasi pendidikan itu adalah :

1.Untuk mengetahui dan mengumpulkan informasi tentang taraf perkembangan dan kemajuan yang diperoleh peserta didik dalam rangka mencapai tujuan yang telah ditetapkan dalam kurikulum pendidikan.
2.Mengetahui prestasi hasil belajar guna menetapkan keputusan apakah bahan pelajaran perlu diulang atau dapat dilanjutkan.
3.Mengetahui efektivitas cara belajar dan mengajar apakah yang telah dilakukan pendidik benar-benar tepat atau tidak, terutama berkenaan dengan sikap pendidik maupun sikap peserta didik.
4.Mengetahui kelembagaan, ketersediaan, sarana dan prasarana, dan efektivitas media yang digunakan guna menetapkan keputusan yang tepat dan mewujudkan persaingan sehat dalam rangka berpacu dalam prestasi.
5.Mengetahui sejauhmana muatan kurikulum telah dipenuhi dalam proses kegiatan belajar mengajar.
6.Mengetahui alokasi pembiayaan yang dibutuhkan dalam berbagai kebutuhan pendidikan baik secara fisik maupun psikis.

C.FUNGSI EVALUASI
Fungsi evaluasi disini adalah sebagai umpan balik terhadap kegiatan pendidikan. Kegunaan dari umpan balik itu sendiri, yaitu :

1.Ishlah, yaitu perbaikan terhadap semua komponen pendidikan, termasuk perbaikan prilaku, wawasan, dan kebiasaan-kebiasaan peserta didik.
2.Tazkiyah, yaitu penyucian terhadap semua komponen pendidikan.
3.Tajdid, yaitu modernisasi semua kegiatan pendidikan.
4.Al-Dakhil, yaitu masukan sebagai laporan bagi orang tua peserta didik berupa rapor, ijazah, piagam dan sebagainya.

Jika anda merasa Materi Makalah ini masih kurang atau anda malas mengedit makalah ini silahkan Download Makalah lengkapnya. Dalam makalah ini sudah tersusun rapi semua materinya, sehingga anda tinggal print doang (asyik ng’). Silahkan download makalah lengkapnya di bawah ini!

Filsafat Pendidikan Islam
Judul :
Hakekat Evaluasi

0 komentar:

:f :D :) ;;) :x :$ x( :? :@ :~ :| :)) :( :s :(( :o

Posting Komentar