Nabi Muhammad s.a.w. Sebagai Guru yang Sempurna

PERBANDINGAN PENDIDIKAN
TENTANG
“MUHAMMAD SAW SEBAGAI SOSOK GURU YANG SEMPURNA”

Jika anda ingin makalah yang telah selesai (langsung print) silahkan download disini.

BAB II
PEMBAHASAN

Dalam konteks pendidikan Islam, guru dikenal dengan pendidik yang merupakan terjemahan dari berbagai kata yakni murabbi, mu’allim dan mua’did. Ketiga term itu, murabbi, mu’allim dan mua’did mempunyai makna yang berbeda, sesuai dengan konteks kalimat, walaupun dalam konteks tertentu mempunyai kesamaan makna.

A.TUGAS KERASULAN
Keberadaan Nabi Muhammad SAW sebagai seorang guru sekaligus materi pendidikannya yang merupakan tugas kerasulan beliau sudah dirancang dan dipersiapkan oleh Allah SWT, seperti Firman Allah dalam Surat al-Jumu’ah Ayat 2 :

Sebagai seorang guru, Nabi Muhammad SAW tidak hanya berorientasi kepada kecakapan-kecakapan ranah cipta saja, tetapi juga mencangkup dimensi ranah rasa dan karsa. Bahkan lebih dari itu Nabi Muhammad sudah menunjukkan kesempurnaan sebagai seorang pendidik sekaligus pengajar, karena beliau dalam pelaksanaan pembelajaran sudah mencangkup semua aspek yang telah ditetapkan oleh para ahli pendidik bahwa pendidikan harus bersifat kognitif (Rasulullah SAW menularkan pengetahuan dan kebudayaan kepada orang lain), bersifat psikomotorik (Rasulullah SAW melatih keterampilan jasmani kepada para sahabat), bersifat afektif (Rasulullah SAW selalu menanamkan nilai dan keyakinan kepada para sahabatnya).

B.KESEMPURNAAN NABI MUHAMMAD SAW SEBAGAI GURU
Nabi Muhammad SAW adalah sosok guru yang telah memenuhi semua sifat dan syarat seorang guru yang telah ditetapkan oleh para ahli pendidikan. An-Nahlawi menetapkan sepuluh sifat dan syarat bagi seorang guru antara lain :
Pertama, harus memiliki sifat Rabbani, artinya seorang guru harus mengaitkan dirinya kepada Tuhan melalui ketaatan kepada syariat-Nya. Kedua, harus menyempurnakan sifat Rabbaniyah dengan keikhlasan, artinya aktifitas pendidikan tidak hanya untuk sekedar menambah wawasan melainkan lebih dari itu, harus ditujukan untuk meraih keridhaan Allah SWT, serta mewujudkan kebenaran. Ketiga, harus mengajarkan ilmunya dengan sabar. Keempat, harus memiliki kejujuran, artinya yang diajarkan harus sesuai dengan yang dilakukan. Kelima, harus berpengetahuan luas di bidangnya. Keenam, harus cerdik dan terampil dalam menciptakan metode pengajaran yang sesuai dengan materi. Ketujuh, harus mampu bersikap tegas dan meletakkan sesuatu sesuai dengan proporsinya. Kedelapan, harus memahami anak didik baik karakter maupun kemampuannya. Kesembilan, harus peka terhadap fenomena kehidupan. Kesepuluh, harus bersikap adil terhadap seluruh anak didik.
Nabi Muhammad SAW tidak saja kreatif dan cerdas, akan tetapi sebagai utusan Allah SWT ia sangat sempurna membingkai kekreatifan dan kecerdasannya itu dengan sifat kejujuran, ketauladanan, kehangatan, keramahan, kebijaksanaan, keadilan dan sifat-sifat baik lainnya serta ditopang oleh ghirah perjuangan yang tak kunjung padam, sehingga tidak ada alasan untuk tidak mengatakan dan tidak mengakui keagungan Nabi Muhammad SAW sebagai sosok guru yang ideal.

C.NABI MUHAMMAD SAW SEBAGAI GURU TELADAN
Nabi Muhammad SAW adalah panutan terbaik bagi seluruh umatnya, pada beliau senantiasa ditemukan tauladan yang baik serta kepribadian mulia. Sifat-sifat yang ada pada diri Rasulullah SAW yakni, siddik, amanah, tabligh, dan fathonah. Prilaku Rasulullah SAW dalam segala hal adalah prilaku yang dipastikan tidak bertentangan dengan Al-Qur’an, tetapi justru prilaku Rasulullah SAW itulah cerminan isi kandungan Al-Qur’an.
Ibnu Khaldun pernah mengutip amanah Umar bin Utbah yang disampaikan kepada guru yang akan mendidik anak-anaknya sebagai berikut “sebelum engkau mendidik dan membina anak-aakku, hendaklah engkau terlebih dahulu membentuk dan membina dirimu sendiri, karena anak-anakku tertuju dan tertambat kepadamu. Seluruh perbuatanmu itulah baik menurut pandangan mereka. Sedangkan apa yang engkau hentikan dan tinggalkan, itu pulalah yang salah dan buruk di mata mereka” (Ihsan, 2003 : 158).

Jika anda merasa Materi Makalah ini masih kurang atau anda malas mengedit makalah ini silahkan Download Makalah lengkapnya. Dalam makalah ini sudah tersusun rapi semua materinya, sehingga anda tinggal print doang (asyik ng’). Silahkan download makalah lengkapnya di bawah ini!

Perbandingan Pendidikan
Judul :
Muhammad SAW Sebagai Sosok Guru yang Sempurna

0 komentar:

:f :D :) ;;) :x :$ x( :? :@ :~ :| :)) :( :s :(( :o

Posting Komentar