Makalah Qadha dan Qadar

AQIDAH AKHLAK
TENTANG
IMAN KEPADA QADHA DAN QADAR

Jika anda ingin makalah yang telah selesai (langsung print) silahkan download disini.

BAB II
PEMBAHASAN
IMAN KEPADA QADHA DAN QADAR


2.1 PENGERTIAN QADHA DAN QADAR
Menurut bahasa Qadar itu berarti “ketentuan” atau ukuran. Menurut ilmu tauhid Qadar itu ialah ketentuan yang ditetapkan Allah SWT bagi segala makhluknya.
Qadha adalah ketetapan atau ketentuan Allah yang sudah dibuat dari masa azali, yaitu masa yang tidak ada batas waktunya. Artinya dari dulu yang tidak diketahui kapan itu oleh manusia. Kata ini dalam konteks ilmu kalam banyak diartikan oleh pakarnya sebagai pengetahuan Allah atau semacamnya. Maksudnya ialah bahwa Allah dari dulu telah mengetahui secara pasti apa yang telah, sedang dan akan terjadi nanti. Semuanya telah ada dalam pengetahuan Tuhan. Ketika suatu kejadian terjadi adalah sesuai dengan pengetahuan Allah tersebut dan inilah yang disebut dengan Qadha Allah.

Qadar adalah ketentuan-ketentuan Allah yang harus berlaku bagi tiap-tiap makhluk, sesuai dengan batas berlaku bagi tiap-tiap makhluk, sesuai dengan batas ketentuan Allah sejak zaman azali, baik atau buruk semua menurut kehendak Allah. Jadi sebenarnya apa yang akan terjadi di dunia itu telah tersurat dan tercantum di “Lauh-Mahfudz” sejak zaman azali. Lauh Mahfudz adalah tempat yang dijaga oleh Malaikat. Tertulis disana tentang ajalnya, rizkinya, untung dan ruginya atau celakanya semua makhluk.

2.2 HUBUNGAN QADHA DAN QADAR
Qadha adalah ketentuan atau ketetapan yang akan terjadi pada waktu yang akan datang. Ketetapan dan ketentuan itu hanya Allah yang membuat. Oleh karena itu hanya Allah saja yang tahu. Qadar adalah pelaksanaan dari rencana Allah atau sering disebut dengan takdir, yaitu keadaan terjadi yang menimpa makhluk Allah.
Hubungan antara Qadha dan Qadar. Qadha mengacu pada hukum, undang-undang, peraturan, dan ketetapan Allah yang berlaku atas semua makhluknya sedangkan Qadar mengacu kepada pelaksanaan dari rencana Allah atas hukum, undang-undang, dan ketetapan-Nya.

2.3 HIKMAH IMAN KEPADA QADHA DAN QADAR BAGI KEHIDUPAN
Melalui iman kepada Qadha dan Qadar Allah SWT akan diperoleh hikmah yang banyak dan menambah keyakinan yang besar akan adanya ketentuan yang pasti yang akan membawa kepada sikap dan prilaku manusia yang lebih baik.

1.Menjauhkan Sifat Sombong, Mendekatkan Sifat Rendah Hati
2.Melatih Tidak putus Asa dan Sabar
3.Bertambah Dekat dengan Allah

Jika anda merasa Materi Makalah ini masih kurang atau anda malas mengedit makalah ini silahkan Download Makalah lengkapnya. Dalam makalah ini sudah tersusun rapi semua materinya, sehingga anda tinggal print doang (asyik ng’). Silahkan download makalah lengkapnya di bawah ini!

Aqidah Akhlak
Judul :
Qadha dan Qadar

0 komentar:

:f :D :) ;;) :x :$ x( :? :@ :~ :| :)) :( :s :(( :o

Poskan Komentar