Kehancuran Dinasti Abbasiyyah

SEJARAH PENDIDIKAN ISLAM
JUDUL :
KEHANCURAN DINASTI ABBASIYAH DAN PENGARUHNYA TERHADAP PELAKSANAAN PENDIDIKAN DI DUNIA ISLAM

Jika anda ingin makalah yang telah selesai (langsung print) silahkan download disini.

BAB II
PEMBAHASAN

A.KEHANCURAN DINASTI ABBASIYAH
Dalam rentangan sejarah, tampilnya Daulah Abbasiyah sebagai pemegang kekhalifahan yang menggantikan Daulah Umayyah, membawa corak baru dalam budaya Islam, terutama dalam bidang pendidikan. Dinasti ini mulai berkuasa semenjak tahun 132 H/ 750 M sampai dengan 656 H/ 1258 M.
Kehancuran Daulah Abbasiyah tidaklah semata-mata disebabkan oleh serangan bangsa Mongol saja, akan tetapi terdapat beberapa faktor yang menjadi akar kemunduran dinasti ini.

1.Faktor Internal
Faktor internal kemunduran dinasti Abbasiyah adalah faktor yang berasal dari dalam pemerintahan Islam itu sendiri.
a.Konflik Internal Keluarga Istana
Perebutan kekuasaan di kalangan anak-anak khalifah sering membawa kemunduran dan kehancuran pemerintahan mereka sendiri, bahkan menjurus kepada persaingan antarbangsa.
b.Tampilnya Dominasi Militer
Pada masa khalifah Al Mu’tasim banyak direkrut jajaran militer dari budak-budak Turki. Dan terkadang golongan elit dari mereka diangkat menjadi gubernur di beberapa wilayah dinasti Abbasiyah.
c.Permasalahan Keuangan
Dalam bidang keuangan dinasti Abbasiyah juga mengalami kemunduran yang bersamaan dengan bidang politik.
d.Berdirinya Dinasti-Dinasti Kecil
Karena pemerintahan khalifah yang lemah banyak muncul pemberontakan-pemberontakan di berbagai daerah yang ingin membentuk dinasti-dinasti kecil yang melepaskan diri dari bani Abbasiyah, yang semuanya ingin memerdekakan diri dari Daulah Abbasiyah.
e.Luasnya Wilayah
Luasnya wilayah yang harus dikendalikan, merupakan suatu penyebab lambatnya penyampaian informasi dan komunikasi.
f.Fanatisme Keagamaan
Konflik yang dilatarbelakangi agama tidak terbatas antar muslim dan Zindig atau Ahlusunnah dengan Syi’ah tetapi juga aliran-aliran dalam Islam, sehingga Mu’tazilah yang cenderung rasional dituduh sebagai pembuat bid’ah oleh golongan Salaf.

2.Faktor Eksternal
a.Perang Salib
Terjadinya Perang Salib yang berlangsung beberapa gelombang atau periode yang menelan banyak korban. Perang Salib merupakan simbol perang agama yang timbul atas ketidaksenangan komunitas Kristen terhadap perkembangan Islam di Eropa.
b.Serangan Tentara Mongol
Dalam serangan Mongol yang terjadi selama 40 hari dimulai dari bulan Muharram sampai pertengahan Safar telah memakan korban sebanyak 2 juta jiwa. Khalifah Al Mu’tashim Billah bersama putra-putranya dibunuh oleh tentara Mongol. Segala kitab-kitab, imam-imam dan pembaca-pembaca (Qari’ul Qur’an) semuanya disapu habis, sehingga berbulan-bulan lamanya masjid-masjid kosong.

B.KEHANCURAN DINASTI ABBASIYAH DAN PENGARUHNYA TERHADAP PENDIDIKAN DUNIA ISLAM
Pada umumnya para sejarahwan menetapkan bahwa kejatuhan Baghdad di Timur (1258 M) dan Cordoba di Barat (1236 M) sebagai awal periode kemunduran itu. Masa kemunduran di sini dengan konotasi kemunduran pendidikan yang ditandai kemunduran intelektual.
Kehancuran kota-kota pendidikan dan kebudayaan Islam yang mengakibatkan runtuhnya sendi-sendi pendidikan Islam dan melemahnya pemikiran Islam yang disebabkan antara lain :

1.Telah Berlebihannya Filsafat Islam (yang bersifat sufistik)
Keadaan frustasi yang merata di kalangan umat Islam yang menyebabkan manusia yang kembali pada Tuhan (bukan hanya sekedar dalam hidup yang fatalistis) dalam arti yang sebenarnya, bersatu dengan Tuhan, sebagaimana yang diajarkan oleh para sufi.
2.Sedikitnya Kurikulum Islam
Kemunduran dan kemerosotan mutu pendidikan dan pengajaran pada masa ini tampak jelas dengan sedikitnya materi kurikulum dan mata pelajaran umumnya pada madrasah-madrasah yang ada dengan menyempitnya bidang pengetahuan umum.
3.Tertutupnya Pintu Ijtihad
Pada masa kemunduran ini, pintu ijtihad sudah mulai dianggap tertutup yang disebabkan keruntuhan kota-kota pendidikan Islam, sehingga pelaksanaan pendidikan Islam sudah banyak dilaksanakan di rumah-rumah para ulama yang berakibatkan madrasah-madrasah kurang berfungsi.

Jika anda merasa Materi Makalah ini masih kurang atau anda malas mengedit makalah ini silahkan Download Makalah lengkapnya. Dalam makalah ini sudah tersusun rapi semua materinya, sehingga anda tinggal print doang (asyik ng’). Silahkan download makalah lengkapnya di bawah ini!

Sejarah Pendidikan Islam
Judul :
Kehancuran Dinasti Abbasiyah Dan Pengaruhnya Terhadap
Pelaksanaan Pendidikan Di Dunia Islam

0 komentar:

:f :D :) ;;) :x :$ x( :? :@ :~ :| :)) :( :s :(( :o

Posting Komentar